Kalender Kegiatan

No events
October 2017
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Login Pengguna

Surat Gembala Uskup

Surat Gembala KWI Menyambut Pemilu Legislatif 2014

Diterbitkan pada 24 Januari 2014
Ditulis oleh Romulus Narrotama

“JADILAH PEMILIH YANG CERDAS DENGAN BERPEGANG PADA HATI NURANI”.

Saudara-saudari, segenap umat Katolik Indonesia yang terkasih,
Bangsa kita sedang bersiap diri menyambut Pemilu legislatif untuk memilih DPR, DPD dan DPRD yang akan diselenggarakan tanggal 9 April 2014. Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, Pemilu menjadi peristiwa penting dan strategis karena merupakan kesempatan memilih calon legislatif dan perwakilan daerah yang akan menjadi wakil rakyat.

Hak dan Panggilan Ikut Serta Pemilu


Warga negara yang telah memenuhi syarat berhak ikut menentukan siapa yang akan mengemban kedaulatan rakyat melalui Pemilu. Mereka yang terpilih akan menempati posisi yang menentukan arah dan kebijakan negeri ini menuju cita-cita bersama, yaitu kesejahteraaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena itu, selain merupakan hak, ikut memilih dalam Pemilu merupakan panggilan sebagai warga negara. Dengan ikut memilih berarti Anda ambil bagian dalam menentukan arah perjalanan bangsa ke depan. Penting disadari bagi para pemilih untuk tidak saja datang dan memberikan suara, melainkan menentukan pilihannya dengan cerdas dan sesuai dengan hati nurani. Dengan demikian, pemilihan dilakukan tidak asal menggunakan hak pilih, apalagi sekedar ikut-ikutan. Siapa pun calon dan partai apa pun pilihan Anda, hendaknya dipilih dengan keyakinan bahwa calon tersebut dan partainya akan mewakili rakyat dengan berjuang bersama seluruh komponen masyarakat mewujudkan cita-cita bersama bangsa Indonesia. Pertanyaannya adalah calon legislatif macam apa yang mesti dipilih dan partai mana yang mesti menjadi pilihan kita.

Kriteria Calon Legislatif

Selengkapnya: Surat Gembala KWI Menyambut Pemilu Legislatif 2014
 

Pesan Paus Benediktus XVI untuk Hari Komunikasi Sedunia ke-45, 5 Juni 2011

Diterbitkan pada 27 Mei 2011
Ditulis oleh Administrator

PESAN BAPA SUCI BENEDIKTUS XVI
PADA HARI KOMUNIKASI SEDUNIA ke-45
5 Juni 2011

 

"Kebenaran, Pemakluman dan Kesejatian Hidup di Jaman Digital"

 

Saudara dan Saudari Terkasih,

Pada kesempatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia yang ke-45, saya ingin berbagi beberapa refleksi yang dimotivasi oleh suatu ciri khas yang menggejala jaman kita:  munculnya internet sebagai jejaring  komunikasi. Ada pendapat yang  semakin umum bahwa, sebagaimana revolusi industri yang pada masanya menghasilkan suatu transformasi besar dalam masyarakat melalui perubahan-perubahan yang terjadi ke dalam lingkaran produksi dan kehidupan para pekerja, demikian juga berbagai perubahan mendasar yang terjadi di dalam komunikasi di jaman sekarang ini sedang memandu  perkembangan-perkembangan budaya dan sosial yang signifikan.  Teknologi baru tidak hanya mengubah cara kita berkomunikasi melainkan juga memengaruhi komunikasi itu sendiri sedemikian rupa sehingga orang menegaskan bahwa kita sementara hidup dalam suatu periode transformasi budaya yang besar. Sarana penyebaran informasi dan pengetahuan ini melahirkan suatu cara baru belajar dan berpikir dengan peluang-peluang yang belum pernah terjadi guna menegakkan antar hubungan dan membangun persekutuan .

Selengkapnya: Pesan Paus Benediktus XVI untuk Hari Komunikasi Sedunia ke-45, 5 Juni 2011
 

Surat Gembala Prapaskah Kepausan 2010

Diterbitkan pada 10 Februari 2010
Ditulis oleh Administrator
“Kebenaran[1]Allah telah dinyatakan karena iman dalam Yesus Kristus”

(lih. Rom. 3:21-22)

Saudara-saudari yang terkasih,
Setiap tahun, pada kesempatan Masa Prapaskah, Gereja mengundang kita untuk dengan tulus meninjau kembali hidup kita dalam cahaya Injil. Tahun ini, saya ingin menawarkan kepada Anda sekalian beberapa permenungan atas tema besar “keadilan”, dengan bertitik-tolak pada penegasan Paulus ini: “Kebenaran Allah telah dinyatakan karena iman dalam Yesus Kristus” (lih. Rom. 3:21-22).

Selengkapnya: Surat Gembala Prapaskah Kepausan 2010
 

Surat Gembala Prapaskah Keuskupan Agung Samarinda 2010

Diterbitkan pada 27 Februari 2010
Ditulis oleh Administrator
logo_kasriSaudara-saudari seiman umat katolik Keuskupan Agung Samarinda yang dicintai Kristus.

Hari Rabu tanggal 17 Februari yang baru lalu, adalah Hari Rabu Abu, yaitu hari dimana Gereja Katolik memulai suatu masa khusus yang disebut masa Pra Paskah, masa untuk mempersiapkan kehidupan rohani kita untuk rnenyambut Hari Raya Paskah, yaitu Hari Raya Kebangkitan Tuhan Yesus. Dalam setiap masa Pra Paskah Bunda kita Gereja Katolik yang kudus selalu minta, supaya kita meluruskan kembali jalan hidup kita yang sudah salah arah, yang tidak sesuai lagi dengan nilai-nilai dan jalan serta kehendak Tuhan, (bdk. Mat 3:2-3), dan mengarahkan hidup kita untuk memperjuangkan nilai-nilai kesejatian dalam hidup berkeluarga serta keadilan dan perdamaian.

Dalam masa Pra Paskah tahun 2010 ini secara khusus kita diminta untuk mengarahkan semangat dan jalan hidup kita pada nilai-nilai: Pertama, untuk menjadi Pejuang Keadilan Dan Perdamaian di Bumi Kalimantan, yang Kedua, Memberdayakan nilai-nilai Kesejatian Hidup dalam Keluarga.

Selengkapnya: Surat Gembala Prapaskah Keuskupan Agung Samarinda 2010
 

Berlangganan Warta

Silakan masukkan Nama dan Email untuk berlangganan Warta dari website secara teratur.


Receive HTML?

Pengunjung

102146
Hari IniHari Ini1654
KemarinKemarin2182
Minggu IniMinggu Ini4891
Bulan IniBulan Ini39906
IP Anda : 54.81.131.189
Pengguna 0
Tamu 205
Sedang Aktif
-

Informasi Umum

Misa Mingguan

Sabtu 17:30
Minggu 08:00, 17:30

Misa Harian

Senin-Jumat 17:30

Alamat Surat
Paroki Santa Theresia Balikpapan
 
Jalan Prapatan RT 23 No 1A 
Telpon 0542-421952 
Balikpapan

Pastor Paroki:
P. Frans Huvang Hurang MSF

Pastor Rekan:
P. Krispinus Andy Hasti MSF
P. Yan Mangun, Pr.

Suara Umat
suaraumat@santatheresia.org