Kalender Kegiatan

No events
December 2017
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6

Login Pengguna

Pembangunan

Rencana Pengembangan Gereja St. Theresia

Diterbitkan pada 26 Agustus 2009
Ditulis oleh Administrator
Kata Pengantar dari Pastor Paroki Santa Theresia (merangkap sebagai Ketua Dewan Paroki)
Bapak/Ibu warga Paroki Santa Theresia yang saya cintai,

Gereja merupakan “Rumah ibadah, tempat Ekaristi suci dirayakan dan disemayamkan, umat beriman berkumpul, serta kehadiran Putera Allah Penyelamat kita, yang dikurbankan di atas altar bagi kita, dihormati dengan sembah sujud demi bantuan serta penghiburan umat beriman, harus rapi teratur dan sunggguh cocok untuk untuk upacara-upacara ibadat” (PO 5). Di “rumah Allah” ini kebenaran dan keserasian tanda-tanda yang melambangkannya, harus mewartakan Kristus yang hadir dan berkarya di tempat ini (Katekismus Gereja Katolik, 1181).

Dipandang dari sudut usia dan kenyamanan bangunan kompleks gereja kiranya sudah tidak memadai lagi. Bangunan gereja terlalu kecil dan sederhana bagi umat, sedangkan pastoran terlalu tua dan banyak bagian yang rusak.

Data umat per 31-Desember-2008 berjumlah 2078 orang, sedangkan gereja hanya mampu menampung umat empat ratus orang. Maka tidak mengherankan kalau dalam perayaan Ekaristi mingguan yang dirayakan tiga kali banyak umat yang duduk di luar gereja; apalagi bila upacara atau perayaan Ekaristi diselenggarakan satu kali, misal upacara Ekaristi Kamis Putih dan Jumat Agung. Kapasitas tempat duduk gereja sekarang ini sangat tidak memadai. Situasi phisik semacam ini kurang mendukung umat beriman untuk menghayati bahwa Ekaristi adalah sumber dan puncak kehidupan umat. Apalagi yang karena terpaksa umat harus duduk di luar gereja jauh dari altar; orang akan mudah tergoda oleh berbagai macam hal untuk tidak berperan aktif dalam Ekaristi.

Pastoran adalah tempat kediaman bersama para pastor untuk menjalankan tugas pastoral selain kamar istirahat perlu adanya ruang-ruang yang cocok untuk menjalankan tugas pastoral. Bangunan pastoran saat ini menurut pandangan banyak orang sudah terlalu tua serta sulit untuk diperbaiki ditambah dengan jumlah kamar yang terbatas bila ada tamu imam dan biarawan yang lain.

Gereja adalah kita, berkat sakramen baptisan kita diangkat menjadi anak-anak Allah dan kita bersaudara satu dengan yang lain. Dengan penguatan kita orang orang yang telah dibaptis terikat pada gereja lebih sempurna dan diperkaya dengan daya kekuatan Roh Kudus antara lain mempunyai kewajiban untuk membuat umat beriman semakin mampu menghayati kehadiran Allah dalam Ekaristi; ikut bertanggung jawab agar seluruh umat dapat beribadat dan merayakan Ekaristi dengan baik.

Melihat kenyataan yang ada maka marilah kita bersama sehati sejiwa dengan penuh semangat cinta kasih membangun tempat ibadah baru serta pastoran baru. Harapan kita dengan tempat ibadah baru yang bagus dan rapi teratur kita semakin mampu merasakan cinta kasih Allah kepada kita yang rela memberikan PuteraNya demi keselamatan umat manusia. Demikian pula halnya dengan pastoran baru semoga karya pastoral Paroki Santa Theresia Prapatan Balikpapan dapat terwujud semakin baik.

Kami menghimbau kepada seluruh umat Paroki Santa Theresia Balikpapan serta para donatur di manapun juga berkenan mendukung proyek pembangunan gereja dan pastoran sebagai bentuk wujud kepedulian dan panggilan kita sebagai umat Allah. Dengan bantuan Allah disertai semangat kebersamaan dan perjuangan terus menerus kita yakin tempat ibadah yang agung, sakral serta indah dapat kita wujudkan sehingga kesalehan umat beriman semakin nyata (cf. KL 127).

Kaum beriman kristiani awam memiliki – di samping kewajiban-kewajiban dan hak-hak yang dimiliki semua orang beriman kristiani dan yang ditetapkan dalam kanon-kanon lain – juga kewajiban-kewajiban dan hak-hak yang disebut dalam kanon-kanon judul ini (Kanon 224).

Kaum awam seperti semua orang beriman kristiani berdasarkan permandian dan penguatan ditugaskan Allah untuk kerasulan, terikat kewajiban umum dan mempunyai hak, baik sendiri-sendiri maupun tergabung dalam perserikatan, untuk berjuang agar warta ilahi keselamatan dikenal dan diterima oleh semua orang di seluruh dunia; kewajiban itu semakin mendesak dalam keadaan-keadaan di mana injil tak dapat didengarkan dan Kristus tak dapat dikenal oleh orang selain lewat mereka (Kanon 225 g 1).
“Dalam membangun gedung-gedung suci (gereja) harus diupayakan dengan baik, agar cocok untuk kegiatan-kegiatan liturgi dan untuk mendapat peran serta yang aktif dari umat beriman” (L 124).


Balikpapan, 01-September-2009
Salam hangat,
Pastor F.X. Sumantoro, MSF

 

Rencana Denah Pembangunan Gereja Santa Theresia

Masterplan
Rencana Tampak Perspektif Muka-Samping Gereja Santa Theresia

Gereja1

 

Rencana Tampak Perspektif Muka-Samping Pastoran Gereja Santa Theresia

pastoran1

 

Download Dokumen

Petunjuk Pelaksanaan Pembangunan Gereja Santa Theresia (pdf)

Susunan Panitia Pembangunan Gereja Santa Theresia (pdf)

Formulir Donasi Atap Gereja Santa Theresia (pdf)

Share

Berlangganan Warta

Silakan masukkan Nama dan Email untuk berlangganan Warta dari website secara teratur.


Receive HTML?

Pengunjung

110296
Hari IniHari Ini1536
KemarinKemarin1913
Minggu IniMinggu Ini2892
Bulan IniBulan Ini17602
IP Anda : 54.196.182.102
Pengguna 0
Tamu 139
Sedang Aktif
-

Informasi Umum

Misa Mingguan

Sabtu 17:30
Minggu 08:00, 17:30

Misa Harian

Senin-Jumat 17:30

Alamat Surat
Paroki Santa Theresia Balikpapan
 
Jalan Prapatan RT 23 No 1A 
Telpon 0542-421952 
Balikpapan

Pastor Paroki:
P. Frans Huvang Hurang MSF

Pastor Rekan:
P. Krispinus Andy Hasti MSF
P. Yan Mangun, Pr.

Suara Umat
suaraumat@santatheresia.org