Kalender Kegiatan

No events
May 2022
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Login Pengguna

Artikel

SINODE : BERTANGGUNGJAWAB DALAM MISI

Diterbitkan pada 04 Maret 2022
Ditulis oleh Komsos St Theresia

 

Paroki St Theresia Balikpapan telah melakukan Konsultasi Sinode pada 3 Maret 2022. Umat Paroki St Theresia Balikpapan sangat antusias melaksanakan proses Konsultasi ini. Proses ini dilakukan atas anjuran Paus Fransiskus menuju Sinode Gereja Katolik yang ke 16 pada tahun depan-2023. Tema utama dari Sinode Gereja Katolik ini ialah Persekutuan, Partisipasi dan Misi.

 

Sinode

 

Sinode berasal dari Bahasa Yunani, Syn dan hodos yang artinya berjalan bersama. Sejatinya Sinode adalah Lembaga Kepausan yang diresmikan oleh Paus Paulus IV pada 15 September 1965 yaitu Lembaga pertemuan para uskup dari seluruh dunia dengan Paus. Sinode bukanlah rapat akbar dengar pendapat atau kongres, tetapi sebuah pertemuan rohani (religious meeting) untuk saling membagi pengalaman iman Katolik. Tidak seperti biasanya pada Sinode ke 16 ini Paus Fransiskus ingin 'berjalan bersama'(red. Sinode) dengan seluruh umat Katolik. Untuk itu proses Sinode ini dimulai dari bawah yaitu ditingkat paroki-paroki.

 

Di tengah berbagai perubahan dunia yang membawa banyak tantangan dan ketidakpastian, Paus mengajak umat Katolik untuk setia memberikan kesaksian iman kristianinya. Maka Paus mengajak umat untuk mengadakan persekutuan, partisipasi dan misi bersama-sama membahas berbagai tema. Dalam proses seperti inilah Paus ingin mendengarkan masukan, harapan dan semangat umat Katolik dari seluruh dunia.

 

 

Sinode Tingkat Paroki

 

Keuskupan Agung Samarinda memilih tiga tema penting untuk dibahas, didiskusikan di tengah umat yaitu Teman Seperjalanan, Bertanggungjawab dalam Misi dan Memahami dan Memutuskan. Ketiga tema ini dibahas di Paroki St Theresia dalam proses sinode kemarin.

 

Proses Sinode bukanlah diskusi biasa. Tetapi prosesnya sangat kental dengan nuansa rohani. Pertemuan berlangsung dalam doa. Tujuannya agar umat dengan hati gembira, penuh semangat membagi pengalaman iman mereka, entah pengalaman sedih, senang, suka dan duka menjadi orang Katolik, keterlibatan di paroki, harapan untuk gereja mereka dan sebagainya.

 

Perwakilan umat yang masuk dalam kegiatan sinode ini berasal dari ragam profesi, dan aktivis gereja. Mereka dibagi dalam tiga kelompok dan masing-masing membahas tema yang sudah ditentukan.

 

Proses Sinode berjalan dengan baik karena sebelum Konsultasi sinode dilaksanakan pihak Keuskupan Agung Samarinda sudah mensosialisasikan bahan-bahan proses Sinodenya di tingkat paroki dan keuskupan.

 

Bertanggungjawab dalam Misi

 

Salah satu tema yang menarik adalah bertanggungjawab dalam misi. Orang Katolik harus menyadari bahwa bermisi bukanlah tugas sampingan tetapi kewajiban. Yang menarik lagi bahwa misi bukan berarti menarik orang lain untuk masuk Katolik tetapi tugas misi itu ialah pertama setia mewartakan injil dan kedua berani memberi kesaksian akan iman katolik di tengah dunia.

 

Paus Fransiskus mengingatkan bahwa tersendatnya misi atau pastoral iman Katolik bisa disebabkan oleh virus Klerikalisme yang semangat pelayanan diganti dengan semangat kekuasaan dan perintah. Dalam bermisi orang harus saling mendengar, saling bekerjasama dan kemudian berjalan bersama-sama.

 

Beberapa peserta yang ikut merasakan proses seperti ini harus dilakukan di Gereja Katolik. Umat Katolik harus saling mendengar, saling menguatkan dan bekerjasama dalam membangun Gereja dan masyarakat yang lebih baik, yang penuh dengan semangat solidaritas dan cinta kasih seperti yang diajarkan dan dihidupi oleh Tuhan Yesus Kristus. Sukses selalu Paroki St Theresia-Balikpapan

 

 

 

Share

Berlangganan Warta

Silakan masukkan Nama dan Email untuk berlangganan Warta dari website secara teratur.


Receive HTML?

Informasi Umum

Misa Mingguan


Minggu 08:00 dan 17:30

Misa Harian

Senin-Jumat 17:30 (Sementara Off)

Alamat Surat
Paroki Santa Theresia Balikpapan
 
Jalan Prapatan RT 23 No 1A 
Telpon 0542-421952 
Balikpapan

Pastor Paroki:
P. Frans Huvang Hurang MSF

Pastor Rekan:
P. Tarsy Asmat MSF